Gernas 2021 Siap Gaungkan UMKM NTB

Gernas 2021 Siap Gaungkan UMKM NTB

Mataram NTB , GO.WEB.ID - Walau dimasa pandemi Covid - 19 Pemerintah terus berupaya meluncurkan berbagai program untuk mendorong bangkitnya pertumbuhan UMKM di Indonesia melalui optimalisasi pemanfaatan teknologi digital. Salah satunya dengan mengusung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI). 

Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) terpilih menjadi tuan rumah dan akan melangsungkan Gernas BBI di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah pada tanggal 03 Maret 2021 bertepatan dengan Festival Bau Nyale mendatang. 

Kepala Deputi Perwakilan Bank Indonesia, Iwan Kurniawan H., menjelaskan bahwa selain Gernas BBI, terdapat beberapa kegiatan yang tergabung seperti Bangga Berwisata Indonesia dan Gerakan Ekonomi Keuangan Digital Indonesia 2021.

"Provinsi NTB dapat menjadi tuan rumah dan sekaligus menjadi penyelenggara kegiatan yang sangat bergengsi ini. Di dalamnya digabungkan dengan Gerakan berwisata Indonesia dan Gerakan Digitalisasi Indonesia. Jadi dalam satu event besar akan ada tiga pertemuan yang tergabung didalamnya, " tutur Iwan saat memimpin Rapat Koordinasi Pelaksanaan Gernas BBI di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Prov. NTB, Jum'at (05/02/2021). 

Ia memastikan, kegiatan Gernas BBI 2021 nanti tetap menerapkan protokol kesehatan Covid - 19 dan menerapkan 5M dengan ketat. Rencananya rangkaian kegiatan tersebut dimulai dari opening ceremony, showcase, talkshow, on boarding UMKM, Business Matching, Perluasan Qris dan Kampanye BBI dan BWI. 

"Kegiatan ini akan dilakukan secara hybrid ada yang secara offline dan secara virtual. Sehingga protokol kesehatan covid - 19 sangat diperhatikan, " tuturnya. 

Sebanyak kurang lebih 300 UMKM yang berasal dari seluruh Kabupaten/Kota di Provinsi NTB siap ikut serta memeriahkan Gernas 2021. Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinisi NTB, Drs. H Wirajaya Kusuma, M.H., mengungkapkan bahwa beberapa karya putra daerah NTB seperti motor listrik sudah saatnya untuk digaungkan dievent ini. 

"Seperti yang pernah disampaikan oleh bapak Gubernur NTB agar kalau bisa motor listrik dapat kita tampilkan, sehingga pada saat kita melaunching Gernas BBI ini motor listrik dapat digaungkan dan menjadi prioritas. Di samping itu juga, beberapa kerajinan yang lain seperti tenun dan lain sebagainya, " ungkap Wirajaya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian Provinsi NTB, Nuryanti, SE., ME., mengungkapkan bahwa beberapa produk - produk lokal NTB masih dalam proses pengemasan dan siap menyambut Gernas BBI. 

"Sudah ada beberapa produk yang siap untuk dikurasi, seperti kemasan pangan lokal seperti ayam rarang, sate dan ayam taliwang masih dipersiapkan, dan juga masih mempersiapkan proses izin edar dari BPOM sehingga layak untuk diekspose tingkat nasional, " jelasnya. 

Dalam rapat tersebut dihadiri secara langsung dan virtual oleh beberapa instansi terkait yakni Dinas Koperasi dan UKM Prov. NTB, Dinas Perdagangan Prov. NTB, Dinas Perindustrian Prov. NTB, Dinas Pariwisata Prov.NTB, Dinas Pariwisata Kab. Lombok Tengah dan Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC).(Adbravo)

Syafruddin Adi

Syafruddin Adi

Previous Article

Polsek Cakranegara Ringkus Pembobol Toko...

Next Article

Wagub NTB: Percepat Proses Vaksinasi Covid-19

Related Posts

Peringkat

Profle

Subhan Riyadi

Siswandi

Siswandi

Postingan Bulan ini: 4

Postingan Tahun ini: 502

Registered: Jan 25, 2021

Aleks Waine

Aleks Waine

Postingan Bulan ini: 2

Postingan Tahun ini: 47

Registered: Feb 26, 2021

Putra Kunang

Putra Kunang

Postingan Bulan ini: 1

Postingan Tahun ini: 35

Registered: Feb 1, 2021

Bilwadi_wk

Bilwadi_wk

Postingan Bulan ini: 1

Postingan Tahun ini: 151

Registered: Feb 4, 2021

Profle

Aleks Waine

Jajaran PDAM Unit Way Khilau Siasati Aliran Air Dengan Dana Mini Hasil Optimal
Persembahkan Emas di HUT 76 Kemerdekaan Indonesia, Deretan Bonus Menanti 
Generasi Baru Indonesia Komisariat UIN Alauddin Makassar Gelar Aksi Peduli dan Berbagi 
Mahasiswa Meepago Minta Pelayanan Kapal Di Pelabuhan Samabusa Dibuka

Follow Us

Recommended Posts

Tentang UU ITE, Menko Polhukam: Jangan Alergi Terhadap Perubahan
Tuntut Referendum, KNPB Bersama 110 Organisasi Menolak Pengesahan RUU Otsus Jilid II Untuk Papua
Satlantas Polres Loteng Terus Ajak Masyarkat Patuhi Prokes Covid-19 dan Bagi Masker Gratis
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno: Pelaku Wisata dan UMKM Harus Melek Digital
OTT Sulsel, Firli Bahuri: KPK Tetapkan Dan Tahan 2 Tersangka Penerima dan 1 Tersangka Pemberi